Beberapa Fase Yang Harus Dilewati Seorang Blogger

belajar menjadi seorang blogger

Menjadi seorang blogger adalah salah satu topik yang ramai diperbincangkan di dunia maya terlebih-lebih pada sebuah forum/group di media sosial seperti facebook. Banyak hal yang menjadi alasan kenapa menjadi seorang blogger sebagai salah satu pilihan. Alasan yang biasanya muncul adalah hobi, mencari penghasilan dari internet dan sebagainya.

Namun sebelum benar-benar terjun sebagai seorang blogger ada baiknya anda membaca pendapat saya sebagai berikut :

Fase 1 - Fase Awal
Pada fase ini merupakan fase asal-mula memilih profesi sebagai seorang blogger. Biasanya fase ini dimulai dari beberapa pemicu seperti : melihat teman/orang lain yang memiliki profesi sebagai blogger, tergiur dengan hasil bahkan hobi menulis. Pada fase ini seorang blogger pemula sangat antusias untuk mengerjakan semuanya, bahkan rela menghabiskan waktu hanya untuk utak-atik blog.

Fase 2 - Fase Galau
Pada fase ini tanda-tanda frustasi mulai muncul terutama bagi mereka yang berniat untuk mencari penghasilan/earning. Hal ini biasanya ditandai dengan penasaran dan gelisah karena belum ada jawaban terkait pengajuan akun google adsense. Sedangkan bagi mereka yang memiliki motivasi awal yang tidak berorientasi pada penghasilan/earning biasanya beralasan jarang melakukan update/menulis dikarenakan waktu/kesibukan.

Tips :

  1. Tetaplah menulis konten seperti biasa, jangan pikirkan apakah blog ini akan diterima atau tidak. Terlebih jika umur blog masih sangat muda.
  2. Jangan terpengaruh informasi yang beredar dari sebuah diskusi jika Google Adsense menyetujui akun dengan cepat dalam hitungan jam, kasusnya bisa saja berbeda. Fokus saja dengan isi blog anda.
  3. Persetujuan google adsense sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
    • Konten yang memadai, bermakna bahwa tulisan yang anda buat sangat berguna bagi orang lain bahkan unik sehingga mampu meraih kunjungan secara organik. Perbanyak posting minimal 1 artikel per hari.
    • Navigasi yang mudah, usahakan memilih tema/template yang sederhana, dimana perletakan link serta navigasi sangat mudah ditemukan
    • Isi konten bukan termasuk konten terlarang
    • Lakukan pendaftaran disaat usia blog sudah 1 bulan.

Fase 3 - Semangat Lagi
Tidak bisa dipungkiri, mendapatkan jawaban google adsense yang disetujui penuh (full approve) bak mendapatkan hadiah yang terkira. Pada fase ini penulis blog akan bersemangat dalam menulis dan berkarya.

Fase 4 - Galau lagi
Jika pada fase 2 galau akibat pengajuan akun google adsense yang belum disetujui maka pada fase 4 ini seorang blogger pemula biasanya kembali galau, hal ini dikarenakan penghasilan yang diterima tidak sesuai kenyataan. Hal ini sering sekali terjadi mengingat keluhan yang terlontar biasanya berfokus pada masalah BPK (Biaya Per Klik).

Tips :

  1. Buatlah konten berkualitas. Jika anda malas melakukannya gunakan jasa penulis artikel
  2. Tetap belajar dan jangan menyerah dalam mempelajari SEO
  3. Alihkan pikiran anda dari earning/pendapatan, karena jika anda hanya memikirkan penghasilan maka mampu membuat anda kecewa bahkan berhenti untuk menulis blog.
  4. Selalu cari ide, mulai dari yang sederhana yang kita suka dan kuasai yang kemudian dijadikan dalam bentuk tulisan

Nah itulah pendapat saya terkait Fase Yang Harus Dilewati Seorang Blogger terutama blogger pemula. Menjadi seorang blogger hendaknya jangan berfokus pada penghasilan/earning namun pada konten dan terus belajar. Salam Blogger.

Subscribe to receive free email updates: